Kamis, 02 Mei 2019

Soal dan Jawaban UTS E-Government

UTS EGovernment 2018/2019


1. Apa yang dimaksud kesenjangan Digital (Digital Divide) dan e-literacy. Apa kaitannya dengan E-Government dan Bagaimana pula hubungannya dengan e-readiness? jelaskan!

Jawaban : 
Yang dimaksud dengan kesenjangan digital adalah ketidakmampuan masyarakat dalam menggunakan atau memanfaatkan teknologi informasi (digital) yang ada saat ini dikarenakan adanya keterbatasan akses yang masih belum tersedia di wilayah tersebut. Kesenjangan digital ini tidak hanya terjadi antar pulau saja melainkan juga terjadi antara pusat kota dan wilayah pinggiran. Selain itu juga kesenjagan digital ini dilatarbelakangi oleh adanya aturan-aturan adat dari desa tersebut yang mengikat serta adanya penolakan akan munculnya teknologi baru yang dihasilkan dari globalisasi. Hal ini akan mengakibatkan dampak yang buruk untuk pemerintah.

Pemerintah akan mengalami kesulitan dalam mengatur wilayah yang masyarakatnya masih belum terlalu paham dengan teknologi informasi. Karena dijaman yang serba digital ini segala urusan pemerintahan hampir seluruhnya menggunakan sistem internet (digital). Contohnya seperti pembuatan E-KTP.

Sedangkan yang dimaksud dengan e-literacy adalah sebuah kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dengan tujuan mempermudah dalam hal memahami serta menggunakan teknologi/komputer demi mecapai tujuan yang diinginkan atau memenuhi kepuasan pengguna.

kaitannya dengan e-readiness adalah ketika masyarakat disuatu wilayah mengalami kesenjangan digital itu berarti mereka juga tidak akan bisa menggunakan sistem e-readiness. bahkan mungkin tidak akan mengetahui apa yang dimaksud dengan e-readiness. Karena kunci awal dari penggunaan e-readiness adalah bisa mengoperasikan komputer dengan memanfaatkan internet. jika mereka sendiripun tidak bisa menggunakan teknologi. itu akan membuat tingkat membaca masyarakat dengan e-readiness menurun. Karena segala informasi yang ada saat ini, sudah sebagian besar itu tersedia secara online. meskipun memang dalam mencari informasi dalam koran/buku masih ada tapi itu sudah tidak efektif lagi.

Jadi intinya e-readiness dan e-literacy dalam e-government sangatlah penting dalam pemerintahan saat ini

2. Infrastruktur dan Suprastruktur merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan Pemerintah Elektronik (E-gov). Bagaimana peran Pemerintah, Swasta dan Masyarakat dalam menciptakan infrastruktur dan suprastruktur yang ideal di Indonesia terkait keadaan social, ekonomi dan kondisi geografis di Indonesia? Jelaskan!

Jawaban :
Infrastruktur dan suprastruktur indonesia saat ini sudah mencapai tingkat yang lebih baik dari sebelumnya. Infrastruktur pemerintah elektronik ialahlah dalam hal pengamanan elektronik, topoogi serta portal pemerintahan. dengan kata lain infrastruktur itu berbasiskan pada pelayanan publik dengan memanfaatkan internet.

sedangkan yang dimaksud dengan suprastruktur e-government berkaitan dengan kepemimpinan dalam bentuk e-leadership, sumber daya manusia yang berkualitas serta aturan-aturan yang ada dalam sebuah lembaga. Dengan kata lain, suprastruktur ini adalah sebagai alat untuk mendukung infrastruktur e-government.

Peran pemerintah dalam menciptakan infrastruktur dan suprastruktur yang ideal di indonesia yaitu:
a. Keadaan Sosial
Kondisi sosial masyarakat indonesia saat ini sudah mengalami banyak sekali perubahan, baik itu dari perilaku masyarakatnya ataupun pola hidup. Perubahan ini dilatarbelakangi dengan kemunculan teknologi yang semakin berkembang yang mengarahkan masyarakatnya untuk menjadi lebih modern. Hal ini bisa dibuktikan dengan kemampuan indonesia dalam hal menciptakan alat-alat teknologi terbaru yang canggih seperti hp, laptop, televisi dan lain sebagainya. kemajuan ini selain menguntungkan bagi negara tetapi juga menurunkan sifat kesosialan dalam masyarakatnya sendiri. Keuntungannya yakni pemerintah bisa lebih mudah dalam mengatur pemerintahannya serta memantau perkembangan rakyatnya. Namun juga menimbulkan dampak negatif. Seperti halnya Hp, sekalipun mempermudah orang untuk berkomunikasi jarak jauh tapi Hp juga menimbulkan dampak yang kurang baik yaitu menjauhkan orang yang ada didekat. Banyak orang yang ketika bertemu saat ini, bukan mengobrol secara intens melainkan akan berfokus pada Hp nya masing-masing, dan sibuk dengan kegiatannya sendiri.

b. Ekonomi
Peran pemerintah dalam segi ekonomi adalah dengan cara memanfaatkan sistem e-commerce (Perdagangan elektronik) di Indonesia. Sistem e-commerce ini merupakan salah satu bagian dari e-bussiness. E-Commerce itu sendiri adalah sebuah kegiatan/aktifitas bisnis degan cara memanfaatkan sistem internet. Sejauh ini perkembangan penggunaan e-commerce di indonesia sudah cukup baik. Salah satu contoh aplikasi yang merupakan bagian dari e-commerce adalah aplikasi tokopedia atau shopee. Masyarakat sekarang ini lebih banyak menjual/membeli suatu barang dengan menggunakan aplikasi tokopedia/shopee. Karena menurut mereka hal itu lebih efektif dan efisien.

keuntungan yang didapat dari bisnis e-commerce ini pun sangat menguntungkan. Untuk segi waktu dan tempat nya pun lebih efisien. Dari sisi pengguna/konsumen pun, masyarakat sendiri sudah banyak yang menggunakan sistem ini. Dengan demikian hal tersebut akan semakin menguntungkan berbagai pihak, baik itu masyarakatnya ataupun pemerintah.

c. Kondisi Geografis
Sekalipun indonesia adalah wilayah kepulauan yang artinya terpisah-pisah daerahnya, namun tetap saja hal tersebut tidak boleh menjadi penghalang untuk indonesia menerapkan sistem e-government. Dengan adanya sistem e-government ini akan semakin mempermudah pemerintah dalam hal pemantauan serta komunikasi antara pemerintah pusat dengan masyarakat yang ada di wilayah lain yang jaraknya sangat jauh seperti wilayah timur indonesia. Dari masyarakatnya pun harus diberikan pelatihan dan informasi mengenai tata cara penggunaan sistem elektronik tersebut. Dengan begitu antara pemerintah dan masyarakat akan terjadi timbal balik yang positif. Disertakan pula dengan infrastruktur dan suprastruktur yang baik dan berkualitas.

2. Peran pimpinan memiliki posisi yang sangat penting dalam menentukan visi organisasi pelayanan berbasis ICT. Jika anda menjadi kepala daerah, visi e-leadership apa yang ingin anda kembangkan dalam penerapan e-government dalam menunjang pelayanan publik yang prima dan kebijakan publik yang tepat. Jelaskan!

Jawaban :
sebagai seorang pemimpin tentunya kita harus bisa membuat daerah dan masyarakat yang kita pimpin berubah menjadi maju kearah yang lebih baik. salah satu cara pencapainnya yaitu dengan menciptakan program-program yang mendukung hal tersebut. salah satunya itu adalah dengan memanfaatkan sebuah aplikasi seperti "TANGERANG LIVE" Aplikasi ini berisikan tentang segala informasi mengenai kota Tangerang dan lain sebagainya.

Didalam Aplikasi Tangerang Live itu memuat beberap fitur lainya seperti :
     1)  LIVE NEWS, berisi tentang segala berita mengenai Pemerintahan Kota Tangerang.
     2)  LAKSA (Layanan aspirasi kotak saran anda), adalah fitur untuk mengajukan serta menampung segala keluhan Masyarakat Kota Tangerang. Yang nantinya akan direspon oleh operator yang bertugas di Tangerang Live tersebut.
     3)  E-Paper (Koran Digital milik pemerintah kota Tangerang)
     4)  Siap Kerja (Aplikasi pencari pekerjaan)
     5)  Layanan Darurat 112 adalah layanan panggilan darurat hasil dari kerjasama pemerintah kota Tangerang untuk pelayanan kecelakaan darurat.
     6)  Dan Lain sebagainya

3. Menurut anda bagaimana menciptakan budaya organisasi berbasis ICT di Pemerintah sehingga penerapan e-government dapat terwujud dengan baik? Mana yang didahulukan menciptakan budaya organisasi atau meningkatkan kualitas SDM dalam e-government? Jelaskan

Jawaban :
Yang seharusnya lebih didahulukan adalah dalam segi Peningkatan Sumber daya manusianya terlebih dahulu. Karena ketika Sumber daya manusia didaerah tersebut sudah terasah dengan baik maka segala aktivitas atau kegiatan yang berbasiskan teknologi ataupun digital akan terlaksanakan dengan baik. Begitupun dalam Pemerintahan, ketika Sumber Daya manusia yang bekerja di pemerintahan memiliki kualitas yang baik maka segala permasalahan atau urusan pemerintahan dapat diselesaikan secara baik dan efisien degan  cara memanfaatkan teknologi informasi yang sudah ada.

Setelah Sumber daya manusia meningkat, maka barulah bisa menciptakan budaya organisasi elektronik. Karena ketika seserang sudah terbiasa dengan penggunaan teknologi informasi dalam menjalankan segala aktivitas dalam kehidupannya, mereka akan terus bergantung pada hal tersebut. Meskipun demikian, Jika Pengguna Teknologi Informasi itu adalah seorang Manusia yang memiliki pengetahuan yang baik maka dia akan bisa memanfaatkan teknologi informasi tersebut dengan cara yang benar dan bijak (yakni bisa memfilternya). Begitu juga dengan Karyawan/Anggota dari sebuah organisasi atau lembaga pemerintahan. Ketika mereka terbisa dengan penggunaan teknologi dalam lingkungan pekerjaannya maka hal tersebut akan semakin memudahkan mereka dalam bekerja dan tentunya akan menjadi hal yang baik. Pekerjaanya pun akan selesai dengan cepat. Maka dengan sendirinya hal tersebut akan menjadikan sebuah budaya organisasi tersebut menjadi baik.

4. Berikan contoh dan argumentasi bahwa E-Government sangat di perlukan pada penyelenggaraan pemerintahan masa depan!

Jawaban :
E-Government adalah sistem pemerintahan dengan cara memanfaatkan sistem teknologi informasi. E-Government sangatlah diperlukan dalam penyelenggaraan pemerintahan, baik itu masa sekarang ataupun dimasa depan. Hal tersebut karena dengan digunakannya sistem e-government suatu negara maka negara atau pemerintahan tersebut akan berjalan dengan baik. Namun haruslah dibarengi dengan Sumber daya manusia, infrastruktur dan suprastruktur yang baik pula. Ketiga hal tersebut harus dipenuhi secara seksama, karena ketika salah satunya tidak dilakukan, maka akan menyebabkan sedikit gangguan didalamnya dengan kata lain akan muncul permasalahan lainnya. Maka dari itulah ketiga hal tersebut harus dipenuhi.

Dengan menggunakan sistem e-government juga akan semakin mempermudah segala urusan pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi segala urusan dan permasalahan yang muncul. Waktu yang dihabiskan pun akan lebih singkat namun dengan hasil yang sesuai/diharapkan.

Salah satu contohnya ialah penggunaan aplikasi could computing. Could computing ini adalah sebuah aplikasi penyimpanan data yang bisa diakses secara bebas, dimana saja, kapan saja  dan dengan menggunakan layanan internet. Data yang disimpan didalamnya pun memiliki sistem keamanan yang kuat sehingga akan terjamin keamanan dari data tersebut. Selain itu juga ada Sistem E-KTP, dimana sistem ini adalah sebuah KTP yang berbasis elektronik. Jadi segala data informasi mengenai orang yang membuat E-KTP tersebut akan terinput didalam komputer pemerintah. Dengan begitu tidak akan ada lagi yang namaya kepemilikan KTP Ganda.

 Maka dari itu, E-Government ini sangatlah penting untuk kemajuan pemerintahan dalam sebuah negara demi mencapai masa depan yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar