Senin, 06 Juni 2016

Rangkuman SKI (Sejarah Kebudayaan Islam)

BAB I
DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW DALAM MEMBINA UMAT

   1.      Pada awalnya bangsa arab telah mengikuti ajaran agama ibrahim dan nabi ismail yang disebut            ajaran agama hanif . pergaulan dengan bangsa lain mempengaruhi kepercayaan mereka menyembah    berhala yang mereka buat dari batu, kayu dan ada juga yang dari logam.

   2.      Kehidupan masyarakat arab pra-islam baik dibidang sosial, ekonomi, politik dan hukum                      menampakkan bahwa dikalangan masyarakat arab sebelum islam telah dikenal berbagai kaidah          hukum yang mengatur tatanan hidup bermasyarakat.

   3.      Dakwah secara sembunyi-sembunyi dilakukan rasulullah selama tiga tahun dan dakwah secara            terang-terangan dilakukan sampai akhir hayatnya.

   4.      Pemboikotan kafir quraisy terhadap kaum muslimin, antara lain :
         a.       Tidak boleh berbicara dengan orang islam
         b.      Tidak boleh mengadakan jual beli dengan orang islam
         c.       Tidak boleh menikah dengan orang islam

   5.      Ada beberapa faktor yang mendorong kaum quraisy menentang seruan islam, yaitu :
         a.       Mereka takut kehilangan kekuasaan
         b.      Adanya seruan nabi tentang persamaan hak-hak antara kaum bangsawan dan hamba sahaya
         c.       Menolak ajaran kebangkitan dihari kiamat
         d.      Tidak bisa meninggalkan taklid buta kepada adat kebiasaan nenek moyang mereka.

   6.      Isi perjanjian aqabah I adalah :
         a.       Penduduk yatsrib akan setia melindungi nabi
         b.      Rela berkorban harta dan jiwa
         c.       Tidak akan menyekutukan allah swt
         d.      Tidak membunuh dan berdusta
         e.       Bersedia membantu menyebarkan islam

   7.      Pembinaan rasulullah saw pada mayarakat madinah :
         a.       Mendirikan masjid
         b.      Mempersaudarakan kaum muhajirin dan ansha
         c.       Menciptakan kesejahteraan umum
         d.      Mengembangkan pendidikan dan dakwah

   8.      Pokok-pokok isi piagam madinah dapat disimpulkan antara lain :
         a.       Kaum muslim dan yahhudi akan hidup berdampingan dan bebas menjalankan agamanya                      masing-masing.
         b.      Apabila salah satu pihak diperangi musuh, maka yang lain wajib membantu. 
         c.       Apabila terjadi perselisihan antara keduanya, penyelesaian diserahkan kepada nab muhammad            saw sebagai pemimpin tertinggi di madinah.

   9.      Rahasia kesuksesan nabi dalam dakwahnya dapat dilihat dari sisi internal da eksternal sebagai berikut :
a.       Faktor internal
1)      Kecerdasan nabi muhammad saw
2)      Kepemimpinan nabi muhamad saw
3)      Keluhuran akhlak nabi muhammad saw
4)      Keteladanan pribadi nabi muhamad saw
b.      Faktor eksternal
1)      Karena adanya wahyyu allah swt
2)      Kesungguhan para sahabat dalam berdakwah dan akan membela bila menghadapi rintangan.

Istilah-istilah :
·         Agama hanif                   : agama yang benar dan lurus yang dibawa nabi ibrahim
·         Ahlul hadhar                   : masyarakat arab yang tinggal diperkotaan dan berdagang
·         Syekh atau amir              : pemimpin
·         Jahiliah                            : kebodohan
·         Assabiqunal awwalun     : orang-orang yang pertama kali masuk islam
·         Amul huzni                     : tahun duka cita
·         Madinatul munawwarah : kota yang bercahaya/nama kota madinah
·         Gazwah                           : peperangan yang dipimpin langsung oleh rasulullah saw
·         Sarriyah                           : peperangan yang tidak diikuti rasulullah saw. Dan dipimpin oleh sahabat
·         Fathul makkah                : pembebasan kota makkah




BAB II
PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA KHULAFAUR RASYIDIN

   1.      Kebijakan dan strategi abu bakar
Abu bakar menjadi khalifah hanya 2 tahun (632-634 M), namun mempunyai beberapa kebijakan dan strategi ketika menjadi khalifah, yakni :
a.       Memerangi kaum murtad
b.      Umat islam berhasil memperoleh kembali kesatuan dari seluruh jazirah arab dalam perang yamamah. Serangkaian perang yang dilakukan kaum muslimin dalam memerangi kaum murtad disebut perang riddah.
c.       Mamberantas nabi palsu diantaranya aswad al-ansi, tulaihah bin khuwalid al-asadi, malik bin nuwairah, dan musailamah al-kazzab.
d.      Mengkodifikasi al-quran, untuk  dijadikan pedoman pembelajaran al-quran pada segenap kaum muslimin saat itu.
e.       Memperluas wilayah dakwah
   2.      Kebijakan dan strategi umar bin khatab
a.       Mengembangkan wilayah dakwah islam dan dikenal sebagai periode futuhat al-islamiyah. Secara berturut-turut dakwah islam meluas ke suriah, persia, dan mesir
b.      Menata administrasi dan keuangan pemerintahan dengan membentuk baitul mal dan dewan perang
c.       Mengeluarkan undang-undang mengenai ketertiban pasar, ukuran dalam jual beli, mengatur kebersiahan jalan dngatur kebersiahan jalan dan lain-lain
d.      Membagi wila wilayah pemerintahan menjadi pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah
e.       Membentuk dewan, diantaranya dewan perbendaharaan negara dan dewan militer.
f.       Menetapkan kalender hijriah
   3.      Kebijakan dan strategi utsman bin affan
a.       Mengkodifikasi mushaf al-quran yang dikenal dengan nama al-mushaf. Oleh panitia diperbanyak 4 buah. Satu tetap berada di madinah yang disebut mushaf al-iman, dan 4 lainnya dikirimkan ke makkah, suriah, basrah, dan kufah.
b.      Merenovasi mesjid nabawi
c.       Membentuk angkatan laut atas usulan dari muawiyah bin abu sufyan yang saat itu menjaddi gubernur suriah
d.      Memperluas dakwah islam dan bergabung dibawah khalifah setelah kedatangan kaum muslimin dibawah pimpinan said bin ash dan huzaifah bin yaman. Wilayah armenia menerima dakwah islam dipimpin oleh salman bin rabi’ah al-bahiy.
   4.      Kebijakan dan strategi ali bin abi thalib
a.       Mengganti pejabat yang kurang cakap
b.      Membenahi keuangan negara (baitul mal)
c.       Memajukan bidang ilmu bahasa, misalnya menetapkan penulisan huruf hijaiyah dengan tanda baca, seperti kasrah, fattah, dhamah, dan syaddah.
d.      Memajukan bidang pembangunan
   5.      Ibrah atau pelajaran yang dapat diambil dari kepemimpinan khulafaur rasyidin
a.       Menjunjung tinggi ketaqwaan
b.      Menampilkan kesederhanaan hidup
c.       Mudah menerima aspirasi masyarakat
d.      Menghormati hukum
e.       Zuhud
f.       Menegakkan hukum tanpa pandang bulu
g.      Memiliki sikap dan perilaku adil
h.      Mengutamakan kepentingan umum

Istilah-istilah :
·         Khulafaur rasyidin        : para pengganti yang mendapat petunjuk
·         Assabiqunal awwalun   : sahabat yang masuk islam periode awal
·         Al faruq                        : pembeda antara yang baik dan buruk, gelar umar bin khattab
·         Futuhat al-islamiyyah   : perluasan dakwah islam secara besar-besaran
·         Zun nurrain                   : memiliki 2 cahaya ( julukan utsman atas pernikahannya dengan 2 putri nabi)
·         Kodifikasi                     : pembukuan al-quran
·         Asadullah                     : singa allah ( gelar lain untuk ali )
·         Amul jama’ah               : tahun persatuan



BAB III
PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA KLASIK (KEEMASAN)
  1.      Khalifah daulah bani umayyah
No
Nama-Nama Khalifah
Tahun Memerintah
1
Mu'awiyah Bin Abi Sufyan (Mu'awiyah I)
41-61 H/661-680 M
2
Yazid Bin Mu'awiyah (Yazid I)
61-64 H/680-683 M
3
Mu'awiyah Bin Yazid (Mu'awiyah II)
64-65 H/683-684 M
4
Marwan Bin Hakam (Marwan I)
65-66 H/684-685 M
5
Abdul Malik Bin Marwan
66-86 H/685-705 M
6
Al-Walid Bin Abdul Malik (Al Walid I)
86-97 H/705-715 M
7
Sulaiman Bin Abdul Malik
97-99 H/715-717 M
8
Umar Bin Abdul Aziz (Umar II)
99-102 H/717-720 M
9
Yazid Abdul Malik (Yazid II)
102-106 H/720-724 M
10
Hisyam Bin Abdul Malik
106-126 H/724-743 M
11
Al Walid Bin Yazid (Al Walid II)
126-127 H/743-744 M
12
Yazid Bin Al Walid ( Yazid III)
127 H/744 M
13
Ibrahim Bin Al Walid
127 H/744 M
14
Marwan Bin Muhamad (Marwan II)
127-133 H/744-750 M

  2.      Perkembangan peradaban islam masa daulah umayah
a.       Perkembangan organisasi negara dan susunan pemerintahan :
1.      An-nizamus siyasi (organisasi politik)
2.      An-nizamul idari (organisasi tata usahaa negara)
3.      An-nizamul mali (organisasi keuangan/ekonomi)
4.      An-nizamul harbi (organisasi pertahanan)
5.      An-nizamul qadai (organisasi kehakiman)
6.      An-nazar fil mazalim (mahkamah tinggi)
b.      Bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan
Kota basrah dan kuffah dijadikan sebagai pusat kegiatan ilmiah. Cabang-cabang ilmu pengetahuan berkemabang dengan pesat di era ini. Seperti pengetahuan sejarah, tata bahasa, geografi dan berbagai pengetahuan lainnya.
c.       Latar belakang runtuhnya kekhalifahan umayyah
1.      Kurang cakapnya para penguasa umayah serta keburukan perilaku beberapa pengusa
2.      Para pejabat terlalu mementingkan diri sendiri atau tingginya egoisme para pemimpin dan pejabat pemerintahan daulah umayyah.
3.      Banyak kelompok, baik dari sekte/aliran keagamaan, suku bangsa, militer ataupun orang-orang yang merasa tidak senang dan tidak puas dengan penguasa mengadakan pemberontakan.
4.      Tidak adanya standar aturan yang baku dan mekanisme yang jelas mengenai pergantian pimpinan atau suksesi kepemimpinan daulah umayyah sehingga menimbulkan konflik internal dan eksternal.
5.      Diberlakukannya diskriminasi didalam tatanan masyarakat, khususnya antara masyarakat arab dengan non-arab
6.      Para pengikut syiah yang tidak  senang dengan kekhalifahan bani umayyah senantiasa berusaha untuk mengadakan perlawanan terhadap semua kebijakan  kekhalifahan bani umayyah.
7.      Bangkitnya kekuatan kelompok bani abbasiyah

  3.      Ibrah perkembangan kebudayaan/peradaban islam masa dinasti umayah
1)      Keuletan dan semangat para ulama dalam mencari dan menggali serta mengembangkan ilmu pengetahuan
2)      Ketekunan para ulama dalam melakukan ijtihad dan keikhlasan para pemimpin yng tanpa pamrih memperjuangkan dan memajukan islam.
  
  4.      Perkembangan peradaban islam pada masa bani abbasiyah
1)      Kemajuan kebudayaan ; umat islam telah banyak melakukan kajian kritis tentang ilmu pengetahuan, sehingga ilmu pengetahuan baik aqli (rasional) ataupun naqli
2)      Kemajuan teknologi dan militer
3)      Kemajuan ilmu pendidikan ; perhatian kepada ilmu pengetahuan dan filsafat yunani memuncak.

  5.      Faktor kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban islam pada masa bani abbasiyah
a.       Faktor intrnal : kebijakan pemerintah, terutama soal pengembangan ilmu pengetahuan dan sains, yang dikeluarkan abu ja’far al-mansyur, harun ar-rasyid, al ma’mun dan lain-lain.
b.      Faktor eksternal : usaha menyalin ilmu-ilmu pengetahuan dan sains yang pernah berkembang dimasa-masa sebelumnya, baik dari bangsa yunani, romawi, persia, india dan babilonia.

  6.      Hikmah dan suri teladan yang dapat kita ambil dari bani abbasiyah
1)      Bersungguh-sungguh dalam meraih cita-cita.
2)      Bekerja sama dan saling menolong sesama umat dalam segala usaha
3)      Selalu mengutamakan kepentingan agama
4)      Optimis, dinamis, inovatif, dan siap menerima kritik konstruktif
5)      Punya pandangan hidup yang lebih baik yang berdasarkan pada norma susila, norma budaya, norma hukum dan norma agama
6)      Berani berjuang demi nusa, bangsa, da negara

Istilah-istilah :
·         Al-hijabah                     : urusan pengawalan keselamatan khalifah
·         Al-kitabah                     : dewan sekretariat negara yang mengurus berbagai urusan
·         Katib ar-rasail               : sekretaris urusan persuratan
·         Katib al-kharraj             : sekretaris urusan pajak atau keuangan
·         Katib asy-syurtah         : sekretaris urusan kepolisisan
·         Katib al-qadi                 : sekretaris urusan kehakiman
·         Katib al-jund                : sekretaris tentara
·         Nizamut tajnidil ijbar i : semacam undang undang wajib militer
·         Dairatul ma’raj              : ensiklopedia yang memuat ilmu-ilmu baru
·         Bait al-hikmah              : badan penelitian/house of wisdom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar