Senin, 16 Mei 2016

Dakwah islam periode madinah/Sejarah kebudayaan islam

DAKWAH ISLAM PADA PERIODE MADINAH
Madinah ketika itu menjadi tempat perlindungan aman bagi kebenaran islam dan pembawanya. Sehingga beberapa orang hendak berhijrah secara sembunyi-sembunyi karena takut kepada kaum quraisy yang bertekad menghalangi mereka berhijrah. Berbeda dengan hijrahnya Umar bin khatab, yang menandakan keberanian dan tantangan. Berbeda pula dengan Abu bakar as-sidiq yang meminta izin kepada Rasulullah untuk berhijrah. Dalam perjalanannya Rasulullah dan Abu bakar sempat singgah di goa tsur. Dan menemukan sebuah kemah yand didalamnya ada wanita bernama Ummu ma’bad. Pada hari kedatangan Rasulullah di yatsrib, beliau disambut dengan gembira dan snggah di quba ((mesjid yang pertama dibangun dalam islam).

A.  Rasulullah Di Madinah
1.    Diperdamaikannya antara suku auz dan khazraj
Sebelum islam datang, suku aus dan khazraj selalu terjadi perselisihan. Kedatangan Rasulullah membawa dampak yang positif bagi kedua suku tersebut. Sehingga banyak dari mereka yang memeluk islam.
2.    Mempersatukan sahabat muhajirin dan anshor
Nabi Muhammad senantiasa menganjurkan persaudaraan antara kedua sahabat, dan melarang semangat kesukuan. Sehingga bersatu menjadi kokoh dan kuat.
3.    Membentuk kekuatan dan politik islam
Nabi Muhammad juga mempersatukan golongan yahudi dan bani qoinuqo, bani nadzir, bani quraidlah. Terhadap golongan yahudi, nabi Muhammad membentuk perjanjian madinah, yang isinya :
a.    Kaum yahudi bersama kaum muslimin wajib turut serta dalam peperangan
b.    Kaum yahudi dari bani auf diperlakukan sama dengan kaum muslimin
c.    Kaum yahudi tetap dengan agama yahudi dan demikian pula dengan kaum muslimin
d.   Semua kaum yahudi dari semua suku kabilah dimadinah diberlakukan sama dengan kaum yahudi bani auf
e.    Kaum yahudi dan muslimin harus saling tolong menolong
f.     Kaum yahudi dan kaum muslimin harus saling berbuat kebajikan dan saling mengingatkan
g.    Kota madinah dipertahankan bersama dari serangan pihak luar
h.    Semua penduduk madinah dijamin keselamatannya
4.    Membangun mesjid
Nabi Muhammad membangun dimadinah dengan nama mesjid nabawi. Mesjid ini dibangun atas tanah milik dua anak yatim yang sudah dibeli. Dalam waktu kurang lebih 23 tahun, seluruh jazirah arab telah di kuasainya.

B.  Perang Badar Kubra
Rasulullah pernah sekali membulatkan tekad menghadang salah satu kafilah dagang quraisy. Beliau kelur diiringi 313 orang yang hanya dibekali 2 ekor kuda dan 70 ekor unta. Sementara kafilah quraisy terdiri dari 1000 ekor unta yang dipimpin oleh Abu sufyan bersama 40 orang bersamanya. Pada hari jumat, 11 ramadhan tahun ke-2 H, kedua kelompok saling berhadapan dan terjadilah perang.

C.  Perang Uhud Dan Khandak
Peperangan kedua setelah perang badar ialah perang uhud. Pada perang ini pasukan kafir sebanyak 3000 pasukan dan muslimin 700 pasukan. Dan kaum muslim mengalami kekalahan karena tidak mematuhi strategi perang rasulullah. Setelah perang uhud, orang yahudi menyerukan pada kaum kafir untuk memerangi kaum muslimin. Rasulullah mengetahui rencana tersebut, lalu dia menyarankan salman al-farisi untuk menggali parit. Lalu terjadilah perang khandak.

D.  Penaklukan Kota Makkah
Pada tahun 8 H, Rasulullah memutuskan untuk menaklukan kota makkah. Pada 10 Ramadhan, beliau berangkat bersama puluhan ribu pasukan menuju makkah.

E.  Wafatnya Rasulullah
Sekembalinya Rasulullah dari menunaikan haji, beliau menderita sakit. Setelah merasa tidak mampu menjadi imam shalat, maka beliau meminta Abu bakar untuk menggantikannya. Tepat 12 Rabiul awal, hari senin, akhir beliau menghadap Allah dalam usia 63 tahun. Masa kehidupan di makkah sebelum diangkat menjadi rasul selama 40 tahun dan setelah menjadi rasul selama 13 tahum. Sedang di madinah selama 10 tahun.

F.   Factor Pertumbuhan Peradaban Islam
1.    Islam sangat menghargai akal
2.    Islam mewajibkan laki-laki dan perempuan untuk menuntut ilmu
3.    Islam melarang orang bertaqlil buta
4.    Islam mengarahkan pemeluknya supaya senantiasa menggali segala sesuatu yang belum diungkapkan
5.    Islam memerintahkan pemeluknya untuk mencari keridhoan Allah
6.    Islam mengajarkan pemeluknya melakukan pengembaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar