Senin, 12 Januari 2015

koneksi ke internett


A. Berbagai tipe koneksi ke internet
1. Jaringan computer (LAN)
Agar dapat dihubungkan dengan computer server di LAN. Computer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN CARD). Beberapa mother board keluaran terbaru dilengkapi kartu jaringan. Kita tidak perlu membelinya secara terpisah. Selanjutnya untuk menghubungkan sebuah computer dengan computer lain, kita memerlukan kabel UTP.

2. saluran telepon langsung

3. teknologi ADSL
Adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk pelayanan telepon.

4. jaringan TV kabel

5. GPRS
Adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio. GPRS mempunyai kelajuan transfer data yang cepat, yang dapat mencapai 115 kbps. Walaupun dalam praktiknya kecepatan transfer data GPRS masih berada pada 25-30 kbps.

6. Wifi
Ada 3 komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot antara lain :
(1). Access point (titik akses)
Adalah perangkat yang menghubungkan teknologi wireless LAN dengan internet  yang terdapat dikomputer. Luas daerah yang dapat dijangkau oleh sebuah titik akses mencapai 25-100 meter.
(2). Access controller (pengendali akses)
Adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi.
(3). Internet link
Adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Internet link mempunyai kemampuan koneksi internet sampai kecepatan 512 kbps. Kelemahan dari akses internet dengan wifi adalah akses hanya dapat dilakukan pada daerah terjauh 100 meter dari titik point.

7. wireless broadband (WIBRO)

8. 3G
Kelebihan dari akses internet dengan 3G, selaian bandwidth yang lebar, juga dapat didukung dengan teknologi HSDPA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar