Senin, 16 April 2018

Soal Kuis MPS Kuantitatif


QUIS MPS KUANTITATIF

SOAL
1.   Buatlah alur latarbelakang penelitian kelompok yang kamu kerjakan, jelaskan
     a. Gap yang ditemukan
     b. Termasuk kedalam fenomena sosial atau administrasi
    c. Buatlah kerangka berpikir/teori yang mampu menguraikan dan menyelesaikan fenomena yang  ditemukan

2. Tulislah identifikasi masalah penelitian
3. Maksud dan tujuan penelitian apa yang kalian rumuskan
4. Manfaat apa yang bisa diambil dari penelitian tersebut
5. Buatlah alur pikir atau kerangka sebab akibat/kausalitas dari variabel penelitian yang kalian lakukan

JAWABAN
1. Latar belakang penelitian
(* GAP yang ditemukan) Industri jasa telah mendominasi perekonomian hampir semua negara industri, dan bahkan mampu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan PDB. Dalam satu dasa warsa terakhir persaingan yang terjadi disektor jasa sangat tajam. Untuk itu, perusahaan jasa mulai berlomba-lomba mempunyai perbedaan khusus dalam kualitas pelayanan. Komitmen akan kualitas pelayanan yang berorientasi pada pelanggan merupakan pesyaratan utama dalam menunjang keberhasilan bisnis, terutama bisnis jasa. Produk industri jasa mempunyai sifat tidak bertahan lama dan akan langsung habis begitu jasa itu tersebut diberikan. Pelanggan jasa dalam hal ini terlibat langsung dalam proses produksi jasa itu sendiri. Di era globalisasi ini, tidak dapat dipungkiri bahwa jasa pengiriman barang sangatlah dibutuhkan, baik itu individu maupun oleh organisasi/perusahaan. Pengiriman  barang (bahan baku, barang setengah jadi, ataupun barang jadi) yang tidak tepat waktu dapat menyebabkan terlambatnya penyampaian barang. Inilah yang menyebabkan konsumen kurang puas dalam pelayanan jasa pengiriman paket.  Hal ini mengakibatkan tingginya permintaan masyarakat akan jasa sarana pengiriman barang/paket tersebut, dengan demikian pemasaran jasa pengiriman barang/paket juga mengalami peningkatan. Seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat akan berbagai bentuk pengiriman barang yang berbobot ringan hingga berat maka jenis pengiriman barang/paket yang ditawarkan semakin bertambah.
*)Dalam mengevaluasi kepusasan dan ketidakpuasan terhadap suatu perusahaan tertentu, faktor penentu yang digunakan bisa berupa kombinasi dari dimensi kualitas jasa. Kualitas jasa akan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen, semakin baik kualitas jasa maka konsumen akan semakin puas. Begitupula sebaliknya, semakin buruk kualitas jasa yang diberikan maka konsumen akan semakin tidak puas. Penilaian tersebut berdasarkan pada berbagai penelitian yang dilakukan, terutama yang  berhubungan dengan kecenderungan berperilaku (behavior intention). Dengan demikian kualitas jasa berpengaruh terhadap sikap dan perilaku konsumen. Sikap konsumen yang ditampilkan dari bentuk kepuasan dan ketidakpuasan, semata-matanya didasari  pada perbedaan antara harapan konsumen dengan kinerja jasa. Salah satu langkah untuk menjaga kepercayaan konsumen yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk agar kepuasan konsumen meningkat. Apabila pelayanan yang diberikan kepada konsumen baik, dan produk jasa yang disajikan berkualitas maka kepuasan konsumen akan meningkat. Pelayanan jasa pengiriman paket pada JNE masih belum dikatakan baik karena banyaknya permasalahan di perusahaan tersebut. Seperti perbedaan tarif, perbedaan waktu pengiriman paket, perbedaan costemer  service, perbedaan service area. Keluhan ini terjadi karena berbagai alasan mulai dari paket yang terlambat, pengiriman paket rusak, pengiriman hilang ditengah perjalanan sampai dengan keluhan ketidakpuasan pelanggan terhadap perusahaan tersebut. Beberapa permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu:
·         Semakin banyaknya persaingan dibidang jasa pengiriman barang yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan.
·         Kurangnya kepercayaan masyarakat pada jasa pengiriman barang/paket karena msih sering dijumpai keluhan-keluhan. Keluhan terbanyak ada pada masalah kesalahan penyaluran barang/salah jalur.
·         Kurangnya perhatian yang dilakukan oleh petugas pelayanan paket.

(*Termasuk Fenomena administrasi) Dari permasalahan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya permasalahan yang terjadi dalam perusahaan pelayanan jasa pengiriman barang/paket secara spesifiknya termasuk dalam permasalahan fenomena administrasi. Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya keluhan yang muncul, terutama dalam hal masalah kesalahan penyaluran barang/salah jalur atau kurang baiknya penataan barang yang akan dikirimkan pada konsumen sehingga kadangkala terjadi salah jalur atau alamat dalam pengiriman yang salah.

(*Kerangka berpikir) Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah analisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pengiriman paket di JNE Kota Serang. Sehingga peneliti mendeskripsikan tingkat kepuasan pelanggan di JNE Kota Serang tersebut dengan apa yang senyatanya terjadi di lapangan dengan konsep yang telah dirancang oleh pemerintah sebelumnya.

2. Identifikasi masalah
    Dalam bagian ini peneliti akan menuliskan berbagai identifikasi masalah yang ada pada objek yang akan diteliti. Penelitian ini perlu adanya identifikasi permasalahan-permasalahan yang ada pada alokasi penelitian, dari hasil studi pendahuluan peneliti mengidentifikasi masalah-masalah penelitian pada JNE Kota Serang, diantaranya :
a. Semakin banyaknya persaingan dibidang jasa pengiriman barang yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan.
b. Kurangnya kepercayaan masyarakat pada jasa pengiriman barang/paket karena msih sering dijumpai keluhan-keluhan. Keluhan terbanyak ada pada masalah kesalahan penyaluran barang/salah jalur.
c. Kurangnya perhatian yang dilakukan oleh petugas pelayanan paket.

3. Maksud dan tujuan penelitian
   Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian di JNE Kota Serang, maka penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan atau mengkaji bagaimana analisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pengiriman paket JNE di Kota Serang. Dengan maksud tersebut maka tujuan penelitiannya adalah :
1.      Mengetahui beban kerja yang diterima JNE Kota Serang
2.      Mengetahui pengelolaan dana di JNE Kota Serang
3.      Mengoptimalkan fasilitas yang tersedia di JNE Kota Serang

4. Manfaat penelitian
Adapun manfaat yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah :
a. Bagi Penulis
    * Dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang kepuasan pelanggan terhadap pelayanan
    * Sebagai bahan perbandingan antara teori dan praktek yang sesungguhnya.

b. Bagi JNE Kota Serang
    * Hasil pemikiran ini semoga menjadi bahan pemikiran dalam membangun sumber daya manusia terutama yang berkaitan dengan masalah kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pengiriman paket.
   * Sebagai bahan literatur bagi JNE Kota Serang

c. Bagi Pihak Lain
    Diharapkan penelitian ini bisa menjadi bahan penelitian lanjutan bagi pembaca yang lainnya.

5. Alur berpikir/kerangka sebab akibat
   Alur pikir atau kerangka sebab akibat dalam penelitian ini adalah membahas mengenai analisis perbandingan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pengiriman paket di JNE Kota Serang. Penelitian ini bersifat komparatif karena penelitian ini bersifat membandingkan. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih fakta-fakta dan objek yang diteliti berdasarkan kerangka pemikiran tertentu. Pada penelitian ini variabelnya masih mandiri tetapi untuk sampel yang lebih dari satu atau dalam waktu yang berbeda.
   Sedangkan untuk metode yang dilakukan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode Dimension of SERVQUAL (Service Quaity) menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry. SERVQUAL ini dibangun atas adanya perbandingan dua faktor utama yaitu persepsi pelanggan atas layanan nyata yang mereka terima (Perceived Service) dengan layanan yang sesungguhnya diharapkan/diinginkan (Expected Service). Jika kenyataan lebih dari yang diharapkan, maka layanan dapat dikatakan bermutu. Sedangkan jika kenyataan kurang dari yang diharapkan, maka layanan dikatakan tidak bermutu. Apabila kenyataan sama dengan harapan, maka layanan tersebut memuaskan.
   Hubungan kausalitas atau hubungan yang bersifat sebab akibat dalam penelitian ini memiliki 2 variabell yaitu variabel independen (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependen (dipengaruhi). Seperti :
·         Apakah terdapat beban kerja berlebih yang diterima JNE Kota Serang?
·         Seberapa besar perbandingan kepuasan pelanggan terhadap

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar