Senin, 20 April 2015

STRUKTUR ATOM DAN TABLE PERIODIK UNSUR

A.  Perkembangan teori atom
Pengembangan konsep atom secara ilmiah dimulai oleh Thomson (1897), Rutherford (1911), Bohr (1914). Gambaran susunan partikel-partikel dasar dalam atom disebut model atom.
1)   Model Atom Dalton
2)   Model Atom Thomson
3)   Model Atom Rutherford
4)   Model Atom Niels Bohr
5)   Model Atom Modern

B.  Struktur atom
Atom adalah bagian terkecil dari unsur yang masih memiliki sifat unsur tersebut. Atom memiliki partikel penyusun atom yaitu electron, proton, dan neutron. Struktur atom dibuat oleh Jhon Dalton (1804). Struktur atom adalah suatu zat yang tersusun dari atom. Atom dari unsure yang sama ialah identik, memiliki berat, ukuran, bentuk yang sama, tapi beda dari atom lain. Atom unsure bersifat permanen. Senyawa terbentuk dari penggabungan dua atau lebih atom unsur.
1.    Electron
Pada tahun 1897, J.J Thomson mengamati pelat katoda dan pelat anoda dalam tabung hampa udara yang dialiri listrik tegangan tinggi. Percobaan ini membuktikan bahwa sinar dari pelat katoda merupakan partikel penyusun atom bermuatan negative yang disebut electron.
2.    Proton
Seorang ahli fisika dari jerman, Eugene Goldstein melakukan eksperimen dengan tabung hampa bermuatan listrik dengan menggunakan lempeng katoda yang berlubang dari percobaan itu diketahui adanya sinar patikel bermuatan positif yang disebut sinar anoda.
Sedangkan Rutherford melakukan percobaan dengan menggunakan hamburan sinar alfa. Dari percobaannya itu menemukan bahwa partikel positif terpusat pada inti atom/proton.
3.    Neutron
Pada tahun 1932, James Chadwick seorang ahli fisika dari inggris melakukan eksperimen dengan menembakkan sinar alfa bermuatan negative ke atom berilium. Percobaan ini membuktikan adanya partikel tidak bermuatan yang disebut neutron dengan massa 1,67 x

Tabel Massa Dan Muatan Partikel Dasar Penyusun Atom


LAMBANG ATOM, NOMOR ATOM, NOMOR MASSA 

A.  Lambang Atom
B.  Nomor Atom (Ƶ)
suatu unsur menyatakan jumlah proton yang terdapat dalam inti atom. Nomor atom juga menyatakan jumlah electron yang terdapat dalam atom netral.
C.  Nomor Massa (A)

Menyatakan jumlah proton dan neutron yang terdapat dalam inti atom. Menurut tata cara IPAC lambang atom ditulis, sebagai berikut :
Keterangan :
X = lambang atom/unsur
A = nomor massa
Ƶ = nomor atom
Contoh :
1)      Tentukan no. atom, no. massa, jumlah proton, jumlah electron dan neutron unsure berikut.
       jawabnnya :
·      No. atom = 11
·      No. massa = 23
·      Jumlah proton = 11
·      Jumlah electron = 11
·      Jumlah neutron = 23-11 = 12 ()
           jawabnnya :
              ·      Jumlah proton : 8 (+)
·      Jumlah electron : 8 (-)
·      Jumlah neutron : 16-8 = 8 ()
     jawabnnya :
·      Jumlah proton : 13 (+)
·      Jumlah electron : 13 (-)
·      Jumlah neutron : 27-13 = 14 ()




Tidak ada komentar:

Posting Komentar