Senin, 16 Februari 2015

Masuknya Islam Ke Indonesia


A.  Proses masuknya islam ke indonesia
Beberapa ahli mengatakan bahwa masuknya islam ke indonesia terdapat 2 pendapat, yang pertama islam datang ke indonesia pada abad ke-7. Dan pendapat ini didukung dengan adanya bukti :
1)   Catatan sejarah kerajaan cina
Menurut catatan ini, pada zaman dinasti tang terdapat orang-orang ta-shih yang berencana untuk menyerang kerajaan holing yang diperintahkan oleh ratu sima (674 m). Namun rencana itu dibatalkan. Sebutan ta-shih dalam berita itu ditafsirkan sebagai orang arab.

2)   Berita chou ku – fei (1178 m)
Menurut berita ini, saat itu Indonesia memiliki 2 tempat yang menjadi komunitas orang ta-shih yaitu fo-lo-an dan Sumatra selatan. Wilayah ini merupakan kekuasaan kerajaan sriwijaya. Fo-lo-an lebih dikenal dengan kuala baaag, trenganu, Malaysia.

3)   Berita jepang (784 m)
Berita ini menceritakan perjalanan pendeta kansih di Indonesia. Dalam berita disebutkan bahwa masa itu di kanton terdapat kapal po-sse dan ta-shih ke 40. Po-sse ditafsirkan sebagai bangsa melayu dan ta-shih ditafsirkan sebagai orang arab Persia.

Sedangkan pendapat ke-2 mengatakan bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13. Pendapat ini didasarkan dengan munculnya kerajaan samudera pasai yang bercorak isalam dan diperkuat oleh bukti-bukti sebagai berikut :
1). Catatan perjalanan marco polo (1292 m)
 Menceritakan tentang perjalanan marco polo ke Sumatra utara. Marco  polo sempat singgah ke kerajaan islam samudera pasai dalam pelayarannya kembali ke eropa dan cina.

2). Berita ibn battutah
 Pendapat ini didukung ibn battutah pada abad ke-13 m, serta batu nisan sultan malik as-shaleh ditemukan disumatra utara dan berangka tahun ramadhan 676 hijriah (1297 m). Sultan malik dikenal sebagai pengajar tasawuf yang menjadi raja dikerajaan samudera pasai.
Golongan pembawa agama islam  ke Indonesia adalah kaum pedagang melalui jalur perdagangan. Selain itu, kaum mubaligh dan guru agama Juga datang untuk mengajar dan menyebarkan agama islam. Golongan lain disebut sebagai pembawa agama islam adalah penganut tasawuf (kaum sufi), pada abad ke-13 m.
Selain itu ada pula golongan penerima agama islam yaitu golongan elite (para raja, bangsawan, penguasa) dan golongan wong cilik (golongan lapisan bawah). Disamping itu golongan elite juga memiliki peran dalam menentukan kebijakan perdagangan dan pelayaran. Diantara mereka ada juga yang biasanya berhubungan dengan pedagang pendatang termasuk pedagang dari Gujarat, india. 

B.  Cara masuknya islam ke Indonesia
Masuknya islam ke Indonesia, memiliki beberapa jalur, yaitu :
(1). Perdagangan
(2). Perkawinan
(3). Pendidikan
(4). Tasawuf
(5). Kesenian

C.  Perkembangan islam di Indonesia
(1). Pulau sumatera
(2). Pulau jawa
(3). Pulau Kalimantan, Maluku, Sulawesi  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar