A. Pengertian
Laporan
Laporan adalah
jenis dokumen yang berisikan paparan peristiwa atau kegiatan yang telah
dilakukan seseorang atau kelompok atas dasar tanggung jawab yang dibebankan
kepadanya. Ciri-ciri laporan yang baik adalah sebagai berikut :
1. Ditulis
dalam bahasa yang baik dan jelas. Tidak menimbulkan salah pengertian.
2. Disertai
dengan data yang akurat dan meyakinkan.
3. Menarik
dan enak dibaca
B. Jenis-Jenis
Laporan
1. Laporan
berbentuk formulir isian
Jenis laporan ini ditulis dalam blangko
daftar isian. Laporan semacam ini biasanya bersifat rutin.
2. Laporan
berbentuk surat
Bila penulis memutuskan untuk
mempergunakan surat dalam laporannya, maka nada pendekatan yang bersifat
pribadi memegang peranan penting. Bentuknya biasanya lebh panjang daripada
bentuk surat pada umumnya.
3. Laporan
memorandum
Bentuknya mirip dengan laporan berbentuk
surat. Hanya saja isinya lebih singkat. Laporan berbentuk ini biasanya
digunakan dalam hubungan kerja antara atasan dengan bawahan.
4. Laporan
perkembangan
Adalah jenis laporan yang bertujuan
untuk menyampaikan perkembangan atau perubahan atas suatu kegiatan yang tengah
dilakukan dalam mencapai suatu sasaran yang telah ditentukan. Sebaliknya,
laporan keadaan adalah sejenis laporan yang menggambarkan suatu kondisi atau
keadaan sesuatu hal sampai rentan waktu hal tersebut dilaporkan.
C. Cara-cara
Hal-Hal Yang harus diperhatikan :
1. Nama
kegiatan
2. Pendahuluan
3. Tujuan
kegiatan
4. Siapa
pelaksananya
5. Waktu
kegiatan
6. Tempat
kegiatan
7. Bagaimana
pelaksanaannya
8. Kesimpulan
dan saran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar