Kamis, 05 Februari 2015

LAPORAN


A.  Pengertian Laporan
Laporan adalah jenis dokumen yang berisikan paparan peristiwa atau kegiatan yang telah dilakukan seseorang atau kelompok atas dasar tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Ciri-ciri laporan yang baik adalah sebagai berikut :
1.      Ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas. Tidak menimbulkan salah pengertian.
2.      Disertai dengan data yang akurat dan meyakinkan.
3.      Menarik dan enak dibaca

B.  Jenis-Jenis Laporan
1.    Laporan berbentuk formulir isian
Jenis laporan ini ditulis dalam blangko daftar isian. Laporan semacam ini biasanya bersifat rutin.

2.    Laporan berbentuk surat
Bila penulis memutuskan untuk mempergunakan surat dalam laporannya, maka nada pendekatan yang bersifat pribadi memegang peranan penting. Bentuknya biasanya lebh panjang daripada bentuk surat pada umumnya.

3.    Laporan memorandum
Bentuknya mirip dengan laporan berbentuk surat. Hanya saja isinya lebih singkat. Laporan berbentuk ini biasanya digunakan dalam hubungan kerja antara atasan dengan bawahan.

4.    Laporan perkembangan
Adalah jenis laporan yang bertujuan untuk menyampaikan perkembangan atau perubahan atas suatu kegiatan yang tengah dilakukan dalam mencapai suatu sasaran yang telah ditentukan. Sebaliknya, laporan keadaan adalah sejenis laporan yang menggambarkan suatu kondisi atau keadaan sesuatu hal sampai rentan waktu hal tersebut dilaporkan.

C.  Cara-cara
Hal-Hal Yang harus diperhatikan :
1.    Nama kegiatan
2.    Pendahuluan
3.    Tujuan kegiatan
4.    Siapa pelaksananya
5.    Waktu kegiatan
6.    Tempat kegiatan
7.    Bagaimana pelaksanaannya

8.    Kesimpulan dan saran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar