Senin, 12 September 2016

Sujud Syukur & Sujud Tilawah

SUJUD SYUKUR DAN SUJUD TILAWAH

   A.    Sujud syukur
1.      Pengertian sujud syukur
Sujud menurut bahasa adalah menundukkan kepala. Sedangkan menurut istilah ialah menundukkan kepala sampai lantai. Sujud syukur adalah shalat yang dilakukan karena mendapat rizky/terhindar dari bahaya dari allah swt. Hukum sujud syukur adalah sunnah.

2.      Dalil tentang sujud syukur
a.      Qs. Al-baqarah : 152
Karena itu ingatlah kamu kepada-ku, niscaya aku ingat (pula) kepada-mu, dan bersyukur-lah kamu kepada-ku dan janganlah kamu mengingkari (nikmat-ku).

b.      Qs. Ibrahim : 7
 
Dan (ingatlah juga) tatkala tuhanmu memaklumkan, “sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti aku akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) sesungguhnya siksa-Ku amat pedih.”

c.      Hadits nabi
Dari abi bakrah, sesungguhnya nabi saw, apabila mendapatkan sesuatu yang di senangi atau diberi kabar gembira, segera tunduk dan sujud sebagai tanda syukur kepada allah. (HR. Abu dawud, ibnu majah, at-tirmizi)

  B.    Sujud tilawah
1.      Pengertian sujud tilawah
Tilawah menurut bahasa adalah bacaan. Sedangkan sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan karena membaca/mendengar bacaan ayat-ayat sajadah. Hukum melakukan sujud tilawah ialah sunnah.

2.      Rukun sujud tilawah
a.      Niat
b.      Takbir
c.       Sujud
d.      Tertib/salam

3.      Bacaan sujud tilawah
“aku sujud dengan wajahku (jiwa ragaku) kepada zat yang menjadikan-nya serta membukakan pendengaran dan penglihatan dengan daya dan kekuatannya.maha suci allah, sebaik-baik pencipta.” (HR. Tirmizi).

4.      Ayat-ayat sajadah
a)      Qs. Al-a’raf : 206
Sesungguhnya-nya malaikat-malaikat yang ada di sisi tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah allah dan mereka mentasbihkan-nya dan hanya kepada-Nyalah mereka bersujud.

b)      Qs. Ar-rad : 15
Dan semua sujud kepada Allah baik yang di langit maupun yang di bumi, baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayang mereka, pada waktu pagi dan petang hari.

c)      An-nahl : 49
 Dan segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi hanya bersujud kepada Allah yaitu semua makhluk yang bergerak dan (juga) para malaikat, dan mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.

d)      Al-isra : 107
Katakanlah (Muhammad), "Berimanlah kamu kepadanya (Al Qur’an) atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang yang telah diberi pengetahuan sebelumnya, apabila (Al Quran) dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur wajah, bersujud

e)      Maryam : 58
Mereka itulah orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu dari (golongan) para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang yang Kami bawa (dalam kapal) bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil (Ya’kub), dan dari orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pengasih kepada mereka, maka mereka tunduk sujud dan menangis.

f)      Al-hajj : 18
Apakah kamu tidak memperhatikan bahwasanya semua yang dilangit dan dibumi sujud kepada allah.

g)      Al-hajj : 77
Wahai orang-orang yang beriman! Rukulah, sujudlah kamu, dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan, agar kamu beruntung.

h)      Al-furqon : 60
 Dan apabila dikatakan kepada mereka, "Sujudlah kepada Yang Maha Pengasih,” mereka menjawab, "Siapakah Yang Maha Pengasih itu? Apakah kami harus sujud kepada Allah yang engkau (Muhammad) perintahkan kepada kami (bersujud kepada-Nya)?" dan (ucapan) itu menambah mereka makin jauh (dari kebenaran).

i)      An-naml : 25
Dan apabila dikatakan kepada mereka, "Sujudlah kepada Yang Maha Pengasih,” mereka menjawab, "Siapakah Yang Maha Pengasih itu? Apakah kami harus sujud kepada Allah yang engkau (Muhammad) perintahkan kepada kami (bersujud kepada-Nya)?" dan (ucapan) itu menambah mereka makin jauh (dari kebenaran).

j)      An-naml : 25
mereka (juga) tidak menyembah Allah yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi dan yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan yang kamu nyatakan.

k)      As-sajadah : 15
Sesungguhnya orang-orang yang benar beriman kepada ayat-ayatku ialah mereka yang apabila di peringatkan dengan ayat-ayatku langsung tunduk dan patuh seraya bertasbih dan bertahmid kepada tuhan. dan mereka tidak menyombongkan diri.

l)      As-shaad : 24
Dia (Dawud) berkata, "Sungguh, dia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. Memang banyak di antara orang-orang yang bersekutu itu berbuat zalim kepada yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; dan hanya sedikitlah mereka yang begitu.” Dan Dawud menduga bahwa Kami mengujinya; maka dia memohon ampunan kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertobat.

m)     Al-fushilaat : 28
Demikianlah balasan (terhadap) musuh-musuh Allah (yaitu) neraka; mereka mendapat tempat tinggal yang kekal di dalamnya sebagai balasan atas keingkaran mereka terhadap ayat-ayat Kami.

n)      An-najm : 62
Bersujudlah kamu kepada allah swt dan sembahlah dia.

o)      Al-insyiqaq : 21
Dan apabila Al Quran dibacakan kepada mereka, mereka tidak (mau) bersujud,

p)      Al-alaq : 19 

Sekali-kali jangan! Janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Allah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar