Senin, 08 Desember 2014

Akses Internet/TIK

AKSES INTERNET

A. Perangkat untuk mengakses internet
1.    Internet service provider
Perusahaan jasa layanan koneksi ke internet disebut dengan internet service provider (ISP). Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memiliki sebuah ISP. Kriteria-kriteria tersebut antara lain sebagai berikut :
1). Kecepatan transfer data
Satuan kecepatan transfer data adalah byte per second (bps). Artinya banyak bit data yang dapat dipindahkan dari satu computer ke computer lain dalam detik.
2). Bandwith
Adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer.
3). Memiliki server proxy
Berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggaran. Dengan adanya server proxy, pelanggaran dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat.
4). Memiliki backbone
Adalah jaluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet.
5). Keamanan data
6). Layanan yang diberikan
7). Biaya
8). Hardware (perangkat keras)
9). Teknologi yang digunakan

2.    Perangkat keras untuk mengakses internet
Dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa teknologi antara lain :
a.    Melalui koneksi dial-up
Jika kita menghubungkan computer ke internet dengan koneksi dial-up, ada 2 kerangka tambahan yang kita butuhkan yaitu saluran telepon dan modem.
Saluran telepon dapat digunakan untuk menghubungkan computer kita dengan ISP yang digunakan. Modem dibutuhkan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog agar dapat dikirimkan melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal digital agar dapat dimengerti computer. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bps.
Ada 2 jenis modem yang terdapat dipasaran yaitu modem internal dan eksternal. Modem internal adalh modem yang dipasang langsung di mainboard computer, sedangkan modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan computer.
Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganya yang lebih murah. Kelemahannya adalah karena pemasangannya yang lebih sulit dan penggunaanya tidak dapat dipindah dari 1 computer ke computer lain.
Keuntungan mengggunakan modem eksternal adalah pemasangannya lebih mudah dan penggunaanya dapat dipindah dari 1 komputer ke computer lain, dengan cara yang mudah. Kelemahannya adalah harganya yang lebih mahal.
b.    Melalui teknologi ADSL (asymmetrical digital subscriber line)
Adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan untuk pelayanan telepon.
c.    Melalui jaringan LAN
Agar dapat dihubungkan dengan computer server di LAN. Computer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN CARD). Beberapa mother board keluaran terbaru dilengkapi kartu jaringan. Kita tidak perlu membelinya secara terpisah. Selanjutnya untuk menghubungkan sebuah computer dengan computer lain, kita memerlukan kabel UTP.
d.   Melalui jaringan GPRS
GPRS (general packet radio service) ,erupakan teknologi pengiriman data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. GPRS merupakan perkembangan dari teknologi GSM.
e.    Melalui jaringan wifi
Wifi merupakan singkatan daei wireless fidelity. Wifi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi wifi pada spectrum 2,4 GH2.
f.     Menggunakan jaringan tanpa kabel
Bila kita ingin mengakses internet dengan menggunakan jaringan tanpa kabel, ada beberapa persyaratan sebagai berikut :
(1). Berlangganan dengan penyediaan layanan TV kabel yang dilengkapi dengan layanan internet
(2). Perangkat computer standar yang sudah dilengkapi dengan system operasi dan browser yang mendukung untuk internet.
(3). Kabel modem dengan docsis system, yang dirancang khusus untuk jaringan tanpa kabel.
g.    Menggunakan 3G
Teknologi telekomunikasi general ke-3 (3 rd generation) atau lebih populer dengan nama 3G (dibaca; tri ji), adala teknologi komunikasi nirkabel (wireless) yang di rancang dengan kecepatan tinggi.

3.    Perangkat lunak untuk mengakses internet
Perangkat lunak yang paling penting kita siapkan adalah browser. Salah satu browser yang banyak digunakan adalah internet explorer. Berikut ini adalah contoh-contoh perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi internet :
(1). Mikrosoft internet explorer dan netscape navigator adalah browser yang digunakan untuk mengakses web atau aplikasi www.
(2). Cute FTP goizilla dan wsfip adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP.

(3). mTRC, yahoo messenger dan ICQ adalah program untuk menjalankan chatting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar