Senin, 04 Juni 2018

Soal & Jawaban UTS SIM (Sistem Informasi Manajemen)


UJIAN TENGAH SEMESTER

SOAL
Tuliskan dan jelaskan bagaimana sistem informasi manajemen dapat memberikan sebuah mutual relation (hubungan yang saling memberi manfaat) antara pemerintah dan masyarakat. Sertakan uraian penjelasan ragam aspek dan pertimbangan pendekatan yang menyertai mutual relation tesebut. Berikan gambaran aktual dan faktual dengan menyertakan ilustrasi kasus aplikasi SIM yang pernah Anda paparkan dalam perkuliahan.



JAWABAN

1. Bagaimana sistem informasi manajemen dapat memberikan sebuah mutual relation (hubungan yang saling memberi manfaat) antara pemerintah dan masyarakat?
Jawaban :
Sistem informasi manajemen dalam mutual relation telah berproses pada posisinya sebagai perantara dan jembatan penghubung antara pihak pemerintah dengan pihak masyarakat. Dimana SIM telah memberikan hubungan yang bermanfaat, baik itu terhadap pemerintah maupun kepada masyarakat itu sendiri. SIM dalam masyarakat tentunya diperlukan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari mereka, sebagai contohnya ialah ketika kita menggunakan aplikasi smartcity yang sekarang ini sudah mulai marak diterapkan diberbagai kota, salah satunya di cilegon. Didalam smartcity tersebut banyak konten-konten yang memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitas kehidupannya.
Sedangkan mutual relation dengan pemerintah yakni pemerintah sebagai pejabat publik tentunya dalam menjalankan segala wewenang dan tugasnya tersebut sangatlah memerlukan semua informasi yang kemudian nantinya akan digunakan dalam menjalankan fungsi-fungsinya seperti perencanaan, administrasi dan lain-lain. Salah satu contoh aplikasi SIM dalam pemerintahan adalah digunakannya sistem E-Government. Dan dengan digunakannya sistem tersebut maka hubungan pemerintah dengan masyarakat dan pihak-pihak lain akan semakin meningkat.
Adanya SIM (Sistem Informasi Manajemen) sangatlah membantu jalannya proses birokrasi maupun pelayanan terhadap masyarakat serta menumbuhkan akuntabilitas antara pemerintah dengan masyarakat sehingga masyarakat mampu mengetahui dan mengakses dengan mudah apa saja kebijakan atau system keuangan didaerah tersebut. Bukan hanya pemerintah saja yang di mudahkan tetapi juga masyarakatnya juga bisa memberi saran atau masukan informasi yang sekiranya bisa membantu pemerintah dalam menciptakan pemerintahan yang lebih baik dan menjadikan masyarakatnya menjadi sejahtera dan yang paing terpenting ialah  terciptanya suatu kepercayaan masyarakat kepada pemerintah karena asas demokrasi adalah dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.



2.  Sertakan uraian penjelasan ragam aspek dan pertimbangan pendekatan yang menyertai mutual relation tesebut!
Jawaban :
Aspek yang akan dijelaskan dalam hal ini ialah aspek sosial. Untuk pertimbangan pendekatannya menggunakan konsep smart city. Penggunaan aspek sosial ini dikarenakan ketika kita berbicara mengenai Smart City yang merupakan sebuah Kota Cerdas haruslah dimulai terlebih dahulu dari masyarakat yang tinggal di dalam kota  tersebut. Sebab salah satu dimensi dari smart city adalah masyarakat itu sendiri yang merupakan bagian penting dari terciptanya smart city yang berdampak pada kualitas hidup warga dengan tujuan menjadikan sebuah kota menjadi lebih efisien. Untuk mewujudkan konsep ini, tentunya masyarakat dituntut untuk ikut  berpartisipasi dalam kepentingan publik, menjaga pluralitas etnik maupun sosial, serta memiliki kreatifitas. Agar konsep smart city dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan konsep smart city yang diinginkan kota-kota di Indonesia, yaitu biaya dan Sumber Daya Manusia (SDM). 
Ditambahkannya, didalam Kota Cedas tersebut haruslah memiliki komponen smart city yang mendukung, seperti smart government dengan pemerintahan yang transparan, smart mobility dengan pelayanan yang bergerak/keliling, smart environmentdengan kesadaran terhadap lingkungan, smart living mengenai kelayakan tempat tinggal, smart economy dengan kesadaran masyarakatnya yang harus produktif, dan yang paling penting dari semua ini adalah smart people yang merupakan kunci utama dari smart city yakni orang-orang yang cerdas.



3.  Berikan gambaran aktual dan faktual dengan menyertakan ilustrasi kasus aplikasi SIM yang pernah Anda paparkan dalam perkuliahan!
Jawaban :
Secara Aktual : cilegon smart city pada dasarnya sebuah aplikasi yang didalamnya terdapat konten-konten menarik mulai dari informasi tempat wisata, tempat-tempat, berita serta keluhan-keluhan yang ingin masyarakat sampaikan kepada pemerintah cilegon. Secara aktual, Kasus yang saat ini sedang dibahas ialah mengenai  trotoar yang rusak di sekitar jl jombang kali. Dimana hal tersebut tentunya sangat menghambat para pejalan kaki yang melintasi jalan tersebut, sekalipun memang kerusakannya masih terbilang tidak cukup parah, tapi tetap saja alangkah lebih baik jika segera diperbaiki oleh pihak pemerintah cilegon. Dengan adanya aplikasi cilegon smart city, maka semakin mempermudah masyarakat dalam mengajukan permasalahan yang sedang terjadi di daerahnya.
Sedangkan secara Faktual : Kejadian nyata yang saat ini benar-benar terjadi dan tidak terbatas oleh waktu ialah mengenai pemasangan iklan secara liar di Jalan Akses Tol Cilegon Timur yang pastinya sangat mengganggu pemandangan. Dalam hal ini warga bisa melaporkannya pada pemerintahan cilegon melalui aplikasi cilegon smart city, agar nnatinya dilakukan tindakan penanganan. Beberapa waktu lalu, kasus tersebut sudah mendapatkan penyelesaiannya dari pemerintahan cilegon, dan sudah ditangani dengan benar. meski begitu tidak semerta hal tersebut membuat pemerintah bersantai ria tidak lagi memperhatikan kondisi masyarakat dilapangan karena sekal-kali pemerintah juga harus turun langsung memeriksa tidak hanya mengandalkan aplikasi cilegon  smart city hal itu merupakan sebuah tindakan yang bijak jika dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar