Senin, 25 Januari 2016

Seni Patung / Kesenian

PATUNG

A.  Pengertian
Patung adalah karya seni rupa yang termasuk dalam karya seni rupa 2/3 dimensi yang dapat dibuat dengan cara dipahat dan diukir dengan menggunakan objek hewan, tumbuhan/manusia. Menurut KBBI, patung adalah hasil tiruan dari bentuk hewan, manusia, tumbuhan.

B.   Macam-Macam Patung
1.    Patung monument berfungsi untuk mengenang jasa seseorang. Contohnya patung pancuran, patung soekarno, patung bandung lautan api.
2.    Patung religi berfungsi untuk acara-acara ibadah.
3.    Patung arsitektur berfungsi untuk sebuah bangunan.
4.    Patung dekorasi berfungsi untuk menghias ruangan.
5.    Patung kerajinan adalah patung yang aktif dalam karya kerajinan. Contohnya gambar bentuk pada asbak.
6.    Patung seni adalah patung yang hanya dinikmati nilai keindahannya saja dan berbentuk simbol. Dan hanya membuat satu buah saja.

C.  Gaya-Gaya Patung
1.    Imitative/imitasi (Tiruan)/Realis adalah jenis patung yang hampir sama dengan bentuk aslinya.
2.    Deformative/deformasi adalah jenis patung yang objeknya dirubah dan tidak sesuai dengan bentuk aslinya.
3.    Simbolis (abstrak) adalah jenis patung yang hanya berbentuk simbol. Tidak termasuk pada gaya imitative dan deformative. Contohnya; gambar tangan yang berjabatan, bendera merah putih.

D.  Bahan Patung
1.    Bahan keras, contohnya besi, batu, logam dan emas.
2.    Bahan lunak, contohnya tanah, keju, coklat.
3.    Bahan sedang, contohnya kayu.

E.   Teknik Membuat Patung
Salah satu teknik membuat patung adalah dengan assembilage (assembling), yaitu teknik membentuk patung atau karya 3 dimensi dengan cara merangkai benda menjadi komposisi benda baru. Karya seni rupa 3 dimensi dengann teknik assembling dapat dibentuk menggunakan benda-benda bekas yang tidak terpakai dengan berbagai bahan.
Selain teknik assembling, pembuatan patung dapat menggunakan teknik pahat, ukir atau cor. Alat yang digunakan dalam teknik pahat dan ukir adalah tatah ukir dan pahat. Teknik ukir digunakan untuk member motif pada patung, seperti motif batik atau ukiran. Sementara, teknik pahat digunakan untuk membentuk, mengurangi bagian-bagian tertentu atau membuat lubang.
Teknik cor juga dapat digunakan untuk membuat patung yaitu teknik membentuk. Teknik membentuk dapat dilakukan dengan mengandalkan keterampilan tangan dan dibantu beberapa alat. Teknik-teknik tersebut digunakan pada bahan yang sesuai. Misalnya teknik membentuk cocok untuk bahan tanah liat, teknik pahat dan ukir cocok untuk bahan batu dan kayu, serta teknik cor cocoknya  untuk bahan perunggu.

F.   Media Karya Patung
1.    Pahat
2.    Plesterin
3.    Kontrusi
4.    Rakit
5.    Cor
6.    Cetak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar